I. LATAR BELAKANG

PT. Wira Garda Laksana merupakan badan usaha jasa pengamanan yang melayani jasa pendidikan Satuan pengamanan dan Penyedia tenaga Satuan pengamanan yang dinamis, cekatan dan berloyalitas tinggi

Dengan masih tingginya angka kriminalitas,tentunya institusi baik negeri, swasta maupun perseorangan tidak mau rugi dan dirugikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab antara lain harta, benda maupun nyawa. Terutama tentang ketertiban, kenyamanan, keamanan dan kebersihan dalam area local institusi.

Maka dari itu PT. Wira Garda Laksana sebagai biro jasa satuan pengamanan mengajukan kerjasama dibidang security/ satpam di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin sebagai satuan pengamanan perusahaan dalam menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan di area institusi anda.

 II. ORGANISASI PT.WIRA GARDA LAKSANA

Wira Garda Laksana dalam membangun, meningkatkan kualitas pelayanan dan mengembangkan dirinya sebagai perusahaan jasa keamanan dan penyedia Satuan Pengamanan yang lebih handal,diperlukan Pembina yang kompeten dan mempunyai kredibilitas dalam hal sistem manajemen pengamanan. Untuk itu kesediaan Bapak Brigjend Pol (Purn)Drs. Wawan Hendrawan dan Kombes Pol (Purn) Saefudin TZ untuk menjadi Pembina sekaligus pelindung PT. Wira Gara Laksana sangat terasa manfaatnya.

Dasar Legalitas :

FFKpng

Proses Rekrutment :

  1. Semua calon menjalani wawancara terstruktur untuk menilai kesesuaian mereka di PT. Wira Garda Laksana. Calon direkrut pada berbagai kualitas termasuk pribadi, akademis, pengalaman kerja, dan penampilan.
  2. PT. Wira Garda Laksana juga akan berusaha untuk merekrut karyawan yang ada di area sekitar perusahaan jika diminta oleh Klien, dan mereka harus lolos seleksi di PT. Wira Garda Laksana / proses pemeriksaan dan syarat penerimaan karyawan PT. Wira Garda Laksana.

Pemeriksaan Kepolisian

Kandidat akan diteruskan kepada pihak kepolisian setempat untuk dilakukan pemeriksaan guna  memastikan anggota security tidak memiliki catatan kriminal.

Traning

Semua Personil Satuan pengamanan PT. Wira Garda Laksana sebelum penyebaran ke perusahaan-perusahaan harus menjalani pelatihan dasar di PT. Wira Gara Laksana dan menjalani Pelatihan Gada Pratama yang langsung dikoordinasikan dengan Kepolisian Republik Indonesia sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang. Dan setiap Kwartal atau sesuai kebutuhan akan kita lakukan penyegaran, agar kualitas personil tetap terjaga.

Seragam dan Peralatan keamanan

PT. Wira Garda Laksana menyediakan standart seragam untuk setiap personil sesuai Undang – Undang yang berlaku. Peralatan keamanan dapat disediakan baik oleh PT.Wira Garda Laksana atau dari Klien. Ini biasanya tercantum secara terpisah di proposal kami dan termasuk barang-barang seperti Radio, Mobile Phones, Personal Protection Equipment (PPE), Penjaga Sistem Tour (GCS), Metal detector dll.

Pengawasan dan Respon Tim

Selain personil satuan pengaman yang berada di Perusahaan Klien, PT. Wira Garda Laksana memiliki sejumlah Tim Pengawas Mobile yang diperlukan untuk mengunjungi tempat klien dan melakukan pemeriksaan pengawasan dari personil PT. Wira Garda Laksana untuk memastikan standar pelayanan. Selama keadaan darurat mereka juga dapat digunakan sebagai kekuatan reaksi cepat ke tempat klien, bersama dengan anggota POLRI setempat. dan berada dalam pantauan atau control selama 24 jam melalui radio / ponsel dengan Koordinator PT. Wira Garda Laksana.

Manajemen Mutu

PT. Wira Garda Laksana memiliki komitmen yang kuat untuk standar kualitas dan menerapkan Sistem Manajemen Mutu yang mendasar untuk kepuasan pelanggan.

PT. Wira Garda Laksana aktif mendorong semua manajer / supervisor untuk melakukan kunjungan rutin ke perusahaan klien untuk memastikan pelayanan yang diperlukan atau dapat lebih ditingkatkan.Mereka diminta untuk menyajikan rincian tindakan korektif dan pencegahan yang dianjurkan untuk Klien jika itu menyangkut keamanan perusahaan Klien

Peningkatan Berkesinambungan dan Pemantauan Kualitas Kinerja

Wira Garda Laksana berusaha untuk meningkatkan kinerjanya untuk Klien secara berkelanjutan dalam berbagai cara, secara singkat ini meliputi:

  • Monitoring Kinerja staff PT. Wira Garda Laksana
  • Membentuk Tim Peningkatan Kualitas
  • Key Performance Indicator (KPI)
  • Form laporan penyelesaian Tugas Periksa areal perusahaan
  • Survei Kepuasan Pelanggan
  • Survei Karyawan
  • Efisien Komunikasi internal PT. Wira Garda Laksana
  • Audit Mutu (Internal dan Eksternal)
  • Rapat bulanan rutin dengan Klien
  • Proses Pengaduan Klien.

Kesehatan dan Keselamatan

Semua Personil PT. Wira Garda Laksana mendapatkan fasilitas BPJS kesehatan dan Tunjangan Hari Tua sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Dengan tujuan , Agar Personil PT. Wira Garda Laksana dapat optimal dalam menjalankan tugas sebagai satuan pengamanan.

III. SASARAN

  1. Personil PT. Wira Garda Laksana adalah security yang sudah terdidik dan terlatih dikesatuan POLRI
  2. Lokasi sasaran penempatan personil antara lain diperkantoran, perumahan, institusi negeri/ swasta maupun perseorangan.
  3. Material
  4. Karyawan
  5. Tamu maupun kendaraan
  6. Dan lain – lain yang diperlukan

IV. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

Tugas dan tanggung jawab yang harus diemban oleh anggota security/ satpam pada suatu institusi/ instansi adalah sebagai berikut :

1. Tugas Intern

  • Melakukan pengamanan terhadap harta, benda dan jiwa didalam kawasan kerja
  • Melakukan management pengamanan, operasionalisasi dan pengendalian pengamanan serta analisa dan evaluasi pelaksanaan kerja
  • Pelaksanaan management pengamanan selalu dikoordinasikan dengan pihak institusi

2. Tugas Extern

  • Melakukan pendekatan dan pembinaan dimasyarakat sekitar kawasan kerja dibidang pengamanan
  • Menjalin hubungan yang harmonis antara institusi pengamanan Negara ( POLISI, TNI dan LINMAS )
  • Tanggung jawab yang wajib diemban oleh tenaga kerja security/ satpam diatur dalam ADRT PT. Wira Garda Laksana dan dikoordinasikan dengan pihak institusi/ perorangan ( client ).

V. PEDOMAN PELAKSANAAN TUGAS – TUGAS SECURITY

  1. Dasar
  • UU no. 2 thn 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lembaran Negara RI thn 2002 no. 2, tambahan lembaran no. 4168)
  • Keputusan Presiden Kepolisian no. 70 thn 2002 tentang Organisasi dan tata kerja Kepolisian Negara RI
  • KEPPRES no. 63 thn 2004 tentang pengamanan objek vital Nasional
  • Peraturan Pemerintah no. 102 thn 2010 tentang atau dari standarisasi Nasional
  • Peraturan Pemerintah UU no. 13 thn 2012 tentang UMK dan kinerja
  • Peraturan Kepala Kepolisian Negara RI no. 24 thn 2007 tentang system management pengamanan organisasi, perusahaan dan/ Instansi/Lembaga Pemerintah
  • UU no. 13 thn 2003 pasal 59 dan 66 UU pasal 1 angka 27 tentang kesatuan pengamanan
  1. Pengertian

Satuan Pengamanan ( satpam ) adalah kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/ proyek/ badan usaha untuk melaksanaan pengamanan fisik dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa dilingkungan atau kawasan kerja.

  1. Fungsi, Tugas Pokok Dan Peranan Satpam

  A. Fungsi satpam

Melindungi dan mengamankan lingkungan atau kawasan kerja dari segala gangguan keamanan dan ketertiban serta pelanggaran hukum

   B. Tugas pokok satpam

Menyelenggarakan keamanan dan ketertiban dilingkungan kerja

   C. Peranan satpam

♦  Membantu pimpinan institusi/ perusahaan di bidang keamanan lingkungan kerja

♦  Pembantu Polri/ TNI/ Linmas dalam pembinaan pengamanan di lingkungan kerja     maupun lingkungan masyarakat

VI. OPERASIONALISASI

  1. Operasionalisasi tugas pengamanan terbagi dalam 2 sistem kerja yakni :
  • Sistem Pengamanan 2 Shift ( 12 jam kerja )
  • Sistem Pengamanan 3 Shift ( 8 jam kerja )
    Ataupun pemakaian system lainnya sesuai kebutuhan maupun permintaan berdasarkan kesepakatan kerjasama.

2. Kekuatan masing – masing shift diorganisir dalam satuan regu dan dipimpin oleh  N             komandan regu

3. Dalam pelaksanaan operasionalisasi kinerja akan disupervisi dari PT. Wira Garda                     Laksana

VIII. SISTEM PEMBAYARAN / PENAWARAN NILAI KONTRAK

Terlampir

   IX. KEUNTUNGAN YANG AKAN DIPEROLEH

Keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan klien jika terjadi kerjasama dengan PT Wira Garda Laksana :

  1. Praktis :

Pihak klien sama sekali tidak perlu memikirkan masalah kepegawaian satpam/security ataupun segala hak dan kewajiban lainnya serta sarana pendukung security/satpam. Sehingga dapat focus pada pengembangan bisnis.

  1. Profesional :

Dengan menggunakan tenaga security/ satpam yang sudah terdidik dan terlatih baik di kesatuan POLRI akan menghasilkan security yang profesional dan dapat di andalkan

  1. Jujur :

Dengan tidak adanya hubungan security dengan pihak klien maka menghilangkan segala kemungkinan terjadinya kerjasama orang dalam untuk melakukan kejahatan maupun pelanggaran lainnya.

  1. Berwibawa :

Security kami mempunyai wibawa tersendiri karena tidak terkait dalam suatu peraturan tertentu dalam suatu institusi sehingga dalam menjalankan peraturan tidak mempunyai beban apapun, biasanya security yang di rekrut langsung oleh suatu institusi kurang mempunyai wibawa karena security masih dianggap sebagai “pelengkap penderita”, sehingga segala peraturan di tempat tersebut bila dilanggar oleh karyawan, maka security tidak bisa menegurnya padahal peraturan tersebut untuk kepentingan bersama/perusahaan.

  1. Dibawah naungan POLRI sebagai pemegang fungsi Kamtibmas.

X.  VISI DAN MISI

 Visi  :

Menjalin, meningkatkan, menjaga, dan memelihara hubungan kerjasama dengan mitra usaha guna menciptakan lapangan kerja yang dinamis serta mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di masyarakat.

 Misi  :

  1. Mensukseskan program-program pemerintah dalam mengentas kemiskinan dan pengangguran.
  2. Menghasilkan tenaga-tenaga kerja yang unggul, terdidik dan terlatih dibidang pengamanan yakni security/satpam.
  3. Menjadikan contoh pelopor perjuangan anak bangsa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, UUD 45 dan Bhineka Tunggal Ika.
  4. Menciptakan kerjasama yang dinamis dengan mitra usaha yang di koordinasi pengawasan dan pembinaan teknis dengan Kepolisian dan TNI sebagai mitra dalam kesatuan pengamanan PT. Wira Garda Laksana.

XI.  PENUTUP

Demikian proposal penawaran jasa pengamanan ini di ajukan dengan harapan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkan biro PT. Wira Garda Laksana sebagai mitra dalam bidang keamanan lingkungan usaha anda guna tercapainya kerjasama dan keuntungan pada masing-masing pihak.

Kami siap memberikan layanan untuk jasa pengamanan (security/satpam) agar dapat memperoleh rasa aman, tertib, lancar, nyaman, dan bersih. Dengan motto perusahaan kami sebagai berikut :

“Keamanan kunci Keberhasilan”

Dengan artian dan maksudnya yakni, bahwa ;

Setiap anggota security/ satpam PT. Wira Garda Laksana wajib mentaati, menertibkan , mematuhi, menjaga institusi kerja sehingga tercipta keamanan yang merupakan kunci keberhasilan dalam segala bidang.

FFP

FFPKI

FFPKIY